Rabu, 19 Maret 2014

Cara merawat dan menjinakan burung Branjangan

Burung Branjangan bahan atau burung branjangan yang baru dapet nangkap dari alas biasanya sangat giras atau takut pada manusia. Hal ini memang diperlukan di alam agar dia bisa terhindar dari predatornya, namun tidak untuk peliharaan dirumah. Jika dalam kondisi seperti ini biasanya akan berpotensi melukai dirinya sendiri dengan menabrak-nabrak sangkar karena ketakutannya pada manusia.

Cara merawat dan menjinakan burung Branjangan


Jadi mau tidak mau, anda harus menjinakan terlebih dahulu burung ini jika anda menginginkan burung ini berkicau dengan merdu di rumah anda. Untuk proses penjinakan, Branjangan bahan yang masih muda relatif lebih mudah dibandingkan dengan burung Branjangan bahan yang sudah berusia tua.  Nah berikut tips untuk menjinakan burung Branjangan bahan.


1. Jika anda mendapatkan Branjangan bahan, sebaiknya anda jangan langsung memasukan kedalam kandang khusus Branjangan, namun anda masukan dahulu kedalam kandang kecil yang bagian alasnya bisa untuk menaruh pasir dan pada sisi kandang diberi lakban.

2. Berikan pakan secukupnya saja, karena jika burung selalu dalam kondisi kenyang, proses penjinakan akan lebih sulit dan lebih lama.

3. Ada beberapa penghobi yang menjinakan Branjangan dengan memandikannya seperti burung perkutut yaitu dengan cara dipegang. TIps ini ternyata ampuh untuk menjinakan burung-burung pemakan biji-bijian seperti halnya Parkit, Kenari termasuk juga burung Branjangan.

4. Gantang Branjangan ditempat ramai. Jika Branjangan masih tetap ngeruji, tutup semua bagian sisi kandang dengan kain atau kertas koran dan sisakan bagian depan sisi kandang  terbuka.

5. Jika ditaruh di dalam rumah, biasakan kandang di taruh ditempat ramai seperti ruang keluarga, agar burung terbiasa dengan aktifitas manusia.

6.  Berikan pakan EF dengan menggunakan tangan, agar branjangan bahan dapat cepat berinteraksi dengan manusia.

Cara Merawat Branjangan

1. Setelah burung sudah jinak, anda bisa melakukan tips selanjutnya yaitu memperdengarkan suara alam. Anda bisa memperdengarkannya pada jam 18.00 sampai jam 19.00

2. Undang burung lain seperti burung gereja yang ada disekitar rumah anda. Branjangan adalah burung yang mejaga daerah teritorialnya dan akan terusik jika ada burung lain yang mendekati wilayahnya. Maka dengan mengundang burung lain, akan memancing branjangan mengeluarkan bunyi.

Note: Untuk mengundang burung gereja, anda bisa menebar biji-bijian yang disukai oleh burung gereja disekitar sangkar burung Branjangan.

Itulah sedikit tips tentang cara merawat dan menjinakan burung Branjangan. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara burung branjangan.

thumbnail
Judul: Cara merawat dan menjinakan burung Branjangan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait branjangan bahan, burung branjangan, gambar branjangan, menjinakan branjangan, menjinakan burung, perawatan branjangan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Terms of Use - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz