Kamis, 30 Januari 2014

Tips beternak Kenari Lokal

Berikut ini adah tips beternak Kenari Lokal yang didapat dari seorang peternak kenari lokal. Tips ini telah terbukti sukses karena tips ini merupalan pengalaman dari para peternak kenari. Bagi anda yang masih belajar atau masih awam dalam membudidayakan kenari lokal, namun anda berniat mencobanya dirumah, anda bisa mengikuti tips yang akan kita bahas berikut ini.

Tips beternak Kenari Lokal


Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara beternak kenari lokal dengan beternak kenari import. Namun, tiap jenis-jenis kenari memiliki karakter masing-masing. Nah karakter  dari kenari itulah yang harus dipahami oleh para peternak kenari . Tips beternakkenari lokal berikut ini khusus kami sajikan untuk anda yang masih belajar bertenak kenari, khususnya untuk kenari-kenari lokal. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak bersama tips dasar beternak kenari lokal berikut ini;

Pertama, pilihlah kenari lokal indukan yang berumur kurang lebih 7 bulan. Untuk Kenari betina cirinya bulu pada dubur sudah menipis dan dubur terlihat menonjol. Dan untuk kenari jantan, terlihat tonjolan panjang kecil pada duburnya.

Kedua, lakukan proses penjodohan. Untuk menjodohkan ke dua kenari ini, anda bisa mendekatkan kandang jantan dan betina pada pagi hari. Anda juga bisa memanas-manasi kenari jantan dengan mendekatkan kandang kenari jantan lain pada kandang kenari betina. Jika jantan dan betina sudah terlihat saling memanggil, ini tandanya burung tersebut siap untuk dikawinkan.

Ketiga, masukan kenari  yang sudah dijodohkan kedalam kandang ternak. Untuk ukuran kandang tidak ada aturan baku, asal kandang tidak terlalu sempit dan burung-burung kenari tersebut mempunyai ruang gerak,  lalu sediakan sarang atau serabut untuk tempat bertelur.

Keempat, berilah suplemen dan vitamin kepada kedua kenari tersebut, agar telur yang dihasilkan tidak kosong dan ketika bayi kenari menetas, bayi kenari bisa tumbuh dengan sempurna.

Kelima, pisahkan kenari jantan dari kandang kenari betina ketika telur pertama sudah keluar. Karena menurut pengalaman peternak, jika kenari jantan tidak dipisahkan, ketika telur menetas bayi kenari akan terinjak-injak oleh kenari jantan, dan akhirnya bayi kenari mati.
Nah itulah sedikit ulasan tentang adah tips beternak KenariLokal, selamat bereksperimen dan semoga berhasil.
thumbnail
Judul: Tips beternak Kenari Lokal
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait cara beternak burung, cara ternak kenari lokal, kenari, kenari lokal, ternak kenari lokal, tips beternak kenari :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Terms of Use - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz