Senin, 09 Juni 2014

Perawatan Murai Anakan atau Bakalan

Untuk keperluan lomba, membeli Murai anakan tentu pilihan terbaik daripada membeli burung yang sudah dewasa, karena Murai anakan atau murai bakalan lebih mudah dilatih dari pada burung Murai yang sudah tua. Umur tebaik untuk membeli Murai anakan adalah yang berumur 1 minggu.  Nah berikut ini adalah perawatan burung Murai anakan atau Murai bakalan yang berumur 1 minggu.

Perawatan murai anakan


Pertama, untuk Murai batu anakan yang berusia 1 minggu lakukan pelolohan tiap dua jam sekali, namun bila itu anda rasa kurang anda bisa melolohnya tiap 1 jam sekali. Lakukan hal tersebut sampai burung berusia 3 minggu. Namun harus diingat, jangan sampai burung tersebut kekenyangan.

Kedua, pakan untuk pemberian makan sendiri yaitu voer halus yang dicampur dengan air. Agar lebih maksimal, campurkan kroto kedalam voer dan bisa juga dengan mencampurkan potongan ulat hongkong kedalam voer. Lakukan hal ini sampai burung berusia 3 minggu. 

Ketiga, pada saat burung berusia 1 bulan, anda bisa melatihanya dengan memberikan voer kering, kroto dan ulat hongkong. Akan tetapi anda harus tetap melolohnya pada pagi siang dan sore hari.

keempat, pada saat burung murai berusia 2 bulan, anda bisa melatihnya dengan memberikan pakan jangkrik. Pemberian jangkrik bisa dilakukan pada pagi dan sore hari kurang lebih 2 ekor.

Kelima, bagi anda yang ingin memaster, anda bisa mulai memaster burung murai anakan mulai dari umur 1 bulan.

Keenam, pada saat murai bakalan berusia kurang lebih 4 bulan, biasanya burung akan mulai mabung. Pada saat murai mabung, kurangi porsi kroto dan ulat hongkong, namun perbanyak pemberian pakan jangkrik, 5 ekor pada pagi dan sore hari.

Ketujuh, setelah burung selesai mabung, maka burung tersebut akan menjadi burung muda bakalan. Pada saat ini burung bisa dicoba untuk mengetahui setelan yang tepat untuk persiapan lomba.

Terakhir, biasanya burung yang diturunkan pada perlombaan adalah burung yang berusia minimal 7 bulan. Pada umur inilah anda bisa mencoba menurunkan burung murai anda pada perlombaan.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai perawatan murai anakan atau bakalan, semoga artikel singkat bisa bermanfaat.

thumbnail
Judul: Perawatan Murai Anakan atau Bakalan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait murai anakan, murai batu, murai medan, perawatan burung anakan, perawatan murai, perawatan murai bakalan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Terms of Use - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz