Jumat, 06 Juni 2014

Mengatasi Burung "membisu" atau Tidak Mau bunyi

Burung yang membisu atau tidak bunyi adalah keluhan terbesar dari para penghobi burung berkicau. Hal ini bisa kita atasi dengan beberapa tips, namun agar kita mendapatkan tips yang tepat untuk burung peliharaan kita, kita harus terlebih dahulu mengetahui penyebab utama burung tersebut tiba-tiba membisu atau tidak mau bunyi. Nah berikut adalah beberapa penyebab dari burung yang tiba-tiba membisu, dan tips untuk menanggulanginya.



Burung hanya ngeriwik
Burung yang hanya ngriwik biasanya adalah burung tua, namun bisa juga burung muda hasil menangkap di hutan. Berbeda dengan burung muda hutan, burung muda hasil tangkaran biasanya sudah gacor atau rajin bunyi sebab burung hasil tangkaran sudah terbiasa dengan lingkungan manusia, sehingga burung tidak lagi merasa terancam dengan kehadiran manusia. Sedangkan untuk burung hasil tangkapan hutan, harus terlebih dahulu melalui proses perjinakan dan penyesuaian agar burung tersebut tidak lagi menganggap manusia sebagai ancaman baginya.

Burung membisu karena memasuki masa mabung
Selain faktor diatas, burung yang tiba-tiba membisu atau tidak mau bunyi adalah karena memasuki masa mabung. Jika burung anda tiba-tiba membisu anda bisa mengecek pada bulu-bulu burung tersebut, bila ada bulu-bulu halus yang berjatuhan, berati burung tersebut sedang memasuki masa mabung.

Burung membisu karena kalah diadu
Nah faktor berikutnya adalah burung membisu karena kalah ketika diadu. Burung yang kalah diadu biasanya akan depresi dan tidak mau bunyi hanya ngriwik. Jika terjedai hal seperti ini, burung tersebut harus dikarantina. Pada umumnya untuk mengembalikan mental burung yang jatuh saat diadu memerlukan waktu yang lama dan biasanya mental burung tersebut kembali setelah melewati masa mabung.

thumbnail
Judul: Mengatasi Burung "membisu" atau Tidak Mau bunyi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait burung kalah diadu, burung mabung, burung membisu, burung tidak bunyi, mengatasi burung macet bunyi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Terms of Use - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz